Selasa, 10 Januari 2012

Tutorial Cara Membuat Blog di Blogspot

Sahabat-sahabat Si Kompie yang budiman. Bagaimana kabar Anda hari ini? Semoga kesehatan selalu dilimpahkan untuk Anda sehingga dapat beraktivitas dengan penuh semangat pada hari ini.

Oh ya Sobat...agar lebih variatif dan tidak membosankan, kita break sejenak membahas tentang topik komputer. Kali ini Si Kompie akan berbagi tentang bagaimana cara membuat blog di www.blogger.com atau yang biasa kita kenal dengan blogspot. Barangkali ada diantara Sahabat Si Kompie yang belum punya blog, sedangkan bagi sobat yang sudah jadi blogger, boleh dilewati saja atau memberi masukan tentang cara pembuatan blog ini di form komentar.

Oke sobat, kita langsung saja untuk memulai membuat blog di blogspot. Kalo bisa Anda langsung mempraktikkannya sekarang juga biar gak lupa-lupa. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1: Membuat Google Account

Kenapa harus membuat account google?
Akun Google memungkinkan Anda mengakses dan mendaftar (Sign Up) di berbagai produk Google seperti Gmail, Google+, Blogger, Google Analytics, Adsense, YouTube, dan lain-lain. Akun Google mencakup alamat Gmail dan Profil Google yang akan membantu Anda mendapatkan pengalaman yang lebih kaya dan lebih dipersonalisasi di seluruh produk Google.

Dimana membuat account google?
Membuat Google Account hampir sama dengan membuat account di situs yang lain seperti yahoo, hotmail dan lain-lain. Untuk membuat Google Account langsung saja klik di sini

Catatan: Satu account bisa untuk membuat lebih dari satu blog

Langkah 2: Mendaftar di Blogspot

Untuk mendaftar di blogspot, silahkan Anda membuka situsnya www.blogger.com. Jika anda sudah memiliki Google Account (account gmail), silahkan masukkan ID dan Password anda di kotak Sign In bagian atas dan Klik tombol Masuk.



Gambar 1. Tampilan Depan Blogger.com


Langkah 3: Membuat Judul Blog dan Nama URL Blog

Setelah anda masuk Maka anda akan segera berada pada form Beri Nama Blog dan nama url blog anda seperti gambar di bawah ini



Gambar 3. Memberi nama Blog


Tulislah judul blog yang anda inginkan dan nama url yang anda sukai. Jika sudah klik tombol LANJUTKAN

Langkah 4: Memilih Template

Anda sekarang berada pada halaman Pilih Sebuah Template



Gambar 4. Memilih Template


Pilihlah template yang anda sukai dengan mengklik radio botton kemudian klik LANJUTKAN.

Maka sekarang Blog anda telah siap dan anda sudah bisa memulai memasukkan tulisan anda dengan mengklik tombol MULAI BLOGGING.

Gampang bukan? Anda tidak perlu menjadi seorang programmer handal untuk menjadi seorang blogger. Oh..ya...blog anda nanti akan memiliki format url http://blogsaya.blogspot.com dimana blogspot adalah host dari Blogger.com

Itulah langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk membuat blog di Blogger. Saran saya, anda langsung mempraktikkan langkah-langkah yang saya berikan itu di internet agar anda lebih memahami proses-proses dalam pembuatan Blog. Semoga tulisan saya ini bermanfaat untuk anda. Amin!
Categories:

1 komentar:

    Followers

    Blog Partners