Selasa, 10 Januari 2012

Mempublikasikan Blog Anda

Apakah Anda sudah berhasil membuat blog sob... dan sudahkah anda mengisinya dengan tulisan-tulisan Anda? Jika sudah, sekarang saatnya Anda untuk mempublikasikan blog Anda ke dunia. Mempublikasikan blog artinya mengenalkan blog Anda ke orang lain agar mereka berkunjung dan membaca tulisan-tulisan Anda yg sudah di poskan di blog. Nggak asyik to kalo Anda sudah capek-capek bikin blog dan mengisinya dengan tulisan-tulisan Anda tetapi tidak ada yang membacanya? Bukankah tujuan ngeblog adalah berbagi dengan orang lain? Karena itu, Anda wajib mempublikasikan blog Anda sekarang juga!

"Bagaimana cara mempublikasikan blog?"

Cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mempublikasikan blog Anda adalah sebagai berikut:

1. Mengenalkan blog Anda ke search engine.
Search engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun direktori web. Kita mengenal banyak search engine, tetapi yang populer adalah Google, Yahoo, bing dan lain-lain.

Oleh karena itu Anda wajib mendaftarkan blog Anda di Search Engine agar ribuan atau bahkan jutaan orang yang mencari informasi, data, ilmu ataupun hiburan di internet bisa menemukan blog Anda. Jika apa yang anda psoting di blog Anda sesuai dengan apa yang mereka cari, maka anda akan mendapat pengunjung dari search engine.

2. Beriklan
Untuk mendatangkan pengunjung ke blog Anda, Anda juga bisa memasang iklan di berbagai situs yang menyediakan space iklan, baik yang berbayar ataupun yang gratis. Ada banyak macam bentuk iklan yang bisa Anda pasang, seperti iklan baris, banner, video, iklan berbasis animasi dan lain-lain. Tinggal Anda memilih, apakah menggunakan yang berbayar ataukah gratisan? tentunya yang berbayar jauh lebih ampuh untuk mendatangkan pengunjung daripada yang gratisan.

3. Berbagi dengan Teman Anda di Jejaring Sosial
Dengan maraknya fenomena jejaring sosial seperti sekarang ini, mempublikasikan blog bisa dilakukan dengan mudah di situs-situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan situs-situs jejaring sosial lainnya. Anda bisa mengkampanyekan blog Anda dengan menampilkannya di wall atau mengajak teman-teman Anda untuk mengunjungi blog Anda

4. Blogwalking
Blogwalking adalah berkunjung (jalan-jalan) ke blog-blog lain dengan tujuan silaturrahmi sekaligus perkenalan dengan blogger lain. Biasanya diantara para blogger, blogwalking tidak semata berkunjung, namun kita juga memberi komentar terhadap postingan di blog yang kita kunjungi. Dalam memberi komentar ini, kita akan menumpangkan link url kita di balik nama kita (biasanya sudah disediakan form untuk memasukkan link url) dengan harapan, pemilik blog yang kita kunjungi atau mungkin pengunjung blog yang lain akan melakukan kunjungan balik ke blog kita.

Itulah beberapa cara mempublikasikan blog yang Si Kompie pernah lakukan. tentu masih ada cara-cara yang lain yang bisa Anda lakukan. Anda bisa memilih salah satu cara di atas atau menerapkan semuanya. Terserah Anda....

*Sumber gambar: blogspotan.blogspot.com
Categories:

2 komentar:

    Followers

    Blog Partners