Selasa, 07 Februari 2012

Beberapa Gejala atau Ciri Kerusakan pada Komputer

Hi sobat Si Kompie.... Kita ketemu lagi di Blog tercinta ini. Dalam postingan saya kali ini, saya mengajak sahabat-sahabat sekalian untuk bersama-sama belajar tentang troubleshooting komputer. Sebagai pelajaran dasar troubleshooting komputer, kita terlebih dahulu mengenali ciri-ciri kerusakan yang biasa terjadi pada komputer dan cara mengatasinya. Baiklah sobat, mari kita mulai pelajaran kita...


Komputer Rusak (Sumber: layanansiplho.files.wordpress.com)

Ada beberapa gejala atau ciri saat komputer mengalami kerusakan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Jika terdengar bunyi beep terus-menerus itu berarti Ram atau Memorynya kendor atau mengalami masalah, tips gunakan penghapus karet terus gosokan pada kaki-kaki injakan Ramnya.

2. Jika terdengar bunyi beep 3x kemudian hilang itu pertanda Vga anda mengalami masalah, bisa jadi karena kendor, tips sama dengan Ram gunakan penghapus karet untuk menggosok kaki-kaki injakannya.

3. Jika komputer dari pertama di hidupkan hanya mampu menyala beberapa menit lalu mati, itu mungkin karena Procesor panas, atau kipas heatsink pada procesor kendor, coba anda periksa !!

4. Jika komputer tidak menyala total, biasanya Power supply anda sudah rusak atau bisa Procesor anda yang kena. Anda bisa mengeceknya apakah power supply anda masih bagus atau tidak dengan mengunakan Multitester, cek tegangan pada warna hijau dan hitam yang terletak pada kaki-kaki power supply. Jika power supply sudah diganti tapi tetap tidak menyala berarti procesor anda mengalami masalah, coba cek apakah ada kaki-kaki yang patah atau bengkok pada procesor anda.

5. Jika pada layar monitor anda tampilannya pecah-pecah atau bergaris-garis, itu bisa jadi monitor anda yang mengalami masalah atau Vga card anda, coba cek terlebih dahulu monitor anda dengan memindahkan pada pc yang lain, jika tidak ada masalah berarti tinggal Vga cardnya saja, dgn cara copot kabel power Vga kedua-duanya yang mengarah pada pc dan monitor terus pasang kembali, jika tetap muncul tampilan seperti itu berarti Vga anda mengalami masalah.

6. Jika pada layar monitor anda tampilannya berburam atau tidak terang warnanya, bisa jadi Monitor dan Kabel power Vga anda bermasalah, solusi sama seperti pada no.5 tes monitor anda terlebih dahulu dengan mencoba pada pc lain, jika tidak ada masalah berarti kabel power Vga anda yang bermasalah, coba ganti dengan kabel yang lebih bagus.

7. Jika pada layar monitor muncul tulisan cek signal kabel, itu bisa jadi kabel Vga nya kendor atau Vga anda rusak total

8. Jika komputer menyala akan tetapi tidak muncul tampilan pada monitor, ini banyak kemungkinan pertama daya power supply anda sudah lemah, kedua Vga anda bermasalah, ketiga mainboard anda kongslet atau ada beberapa komponen seperti regulator yang mengembang karena kepanasan.

9. Jika komputer anda sering restart-restart sendiri disaat anda sedang memainkannya ini biasa karena mainboard anda ada masalah, seperti biasa karena kepanasan suhu meningkat di dalamnya mungkin karena kotor dan berdebu pada CPU anda, jadi bisa saja chipsetnya atau regulator yang kena, akan tetapi setahu saya jika mainboard sudah terkena chipsetnya yang rusak maka dipastikan mainboard anda minta lem biru (lempar dan beli baru) he, he, he

10. Jika Cpu anda berbunyi kencang seperti mesin bergemuruh, dan ketika anda membuka Cpu tapi heatsink tidak kendor serta tidak ada kabel yang menyangkut pada kipas heatsink maka bisa dipastikan power supply anda yang bermasalah, ini biasanya terjadi karena power supply lemah karena tidak kuat menerima daya listrik.

Tips-tips lain adalah

a. Jika kalian membeli ram dan mempunyai 2 slot pada Cpu anda maka lebih baik pasang ram yang ukurannya lebih besar pada slot yang pertama yang dekat dengan procesor dan ram yang ukurannya lebih kecil pada slot ram yang kedua,

b. Jika anda mempunyai 2 slot dan ingin menambah ram anda, maka perhatikan tipe PC yang tertera pada ram sebelumnya, contoh jika ram anda sebelumnya adalah DDR-1 Pc 3200 carilah ram yang sama tipenya DDR-1 Pc 3200 atau Pc lain yang masih compatible dengannya

c. Belilah Vga yang ada kipas pendinginnya, saya kurang suka dengan Vga model sekarang heat pendinginnya kurang bagus, jadi Vga lebih cepat panas.

d. Beli Power supply dengan kualitas yang terbaik, jangan beli yang model biasa yang harganya dibawah Rp 100.000,- karena kualitas nya buruk cepat rusak. Apalagi bawaan casing !!

e. Jangan salah memasang pin group untuk usb yang akan menimbulkan arus yang tak seharusnya sehingga menimbulkan konsleting didalamnya yang akan berakibat merusak flashdisk anda ketika menyolokan pada usb tersebut, hati2 !!

f. Jika anda ingin CPU komputer awet, ada baiknya anda melakukan pembersihan atau perawatan sebulan sekali. Karena CPU yang kotor dan berdebu akan mempercepat usia komponen-komponen di dalamnya.

Bagi teman-teman yang mempunyai tips lain bisa memberi comment pada artikel ini, sebagai ilmu tambahan kepada rekan-rekan yang lain. Semoga bermanfaat....,
Categories:

7 komentar:

  1. okeh pak dokter, informasinya saya catat ya, biar gak lupa, terima kasih :D

    BalasHapus
  2. tengkyu nih masbro informasinya, :D saya di sekolah sering ngurusin komputer2 yang rusak-rusak kayak gini soalnya.

    BalasHapus
  3. ga enak kalau komputer rusak :(

    ongkos service + biaya ganti sparepart mahal :(

    BalasHapus
  4. memang ini adalah suatu bertanda bahwa pc kita rusak..
    thanks gan artikelnya bermanfaat..

    BalasHapus
  5. harga notebook9 Mei 2012 12.53

    thanks info nya gan?

    BalasHapus
  6. sangat bermanfaat sekali info-nya buat saya pelajari .........

    BalasHapus
  7. mantap solusi-nya, izinkan untuk mengcopy , ....

    BalasHapus

    Followers

    Blog Partners