Minggu, 29 Januari 2012

Tips Memperpanjang Masa Pakai Printer Anda

Bagi soba yang sudah membeli printer, berikut saya akan memperikan tips agar printer Anda awet dan dapat terus bekerja dengan baik. Dengan banyaknya bagian yang bergerak, kemungkinan terjadinya paper jam pada printer cukup tinggi. Oleh karena itu, suatu hal yang sulit dicapai bila printer anda bertahan dalam waktu lama bila anda tidak merawatnya dengan baik dan rutin. Kita cenderung mengabaikan ataupun menyediakan waktu yang sedikit untuk merawat printer kita akibat banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan, padahal perwatan pada printer secara kontinue akan memperpanjang masa pakai printer Anda.

Sobat..., berikut ini saya akan memberikan anda beberapa hal yang harus anda lakukan untuk memperpanjang masa pakai printer Anda.

Bersihkan Bagian dalam Printer
Sederhana memang, tapi hal ini penting untuk anda lakukan. Untuk menjaga agar printer Anda tidak cepat rusak, salah satu pencegahan terbaik yang bisa anda berikan adalah menjaga bagian dalam printer agar tetap bersih. Biasanya, debu dan kotoran bisa terlihat saat kita membuka cover printer. Lakukan pembersihan paling sedikit sekali sebulan ataupun sesering mungkin bila anda sering mencetak. Gunakan semprotan angin untuk meniup debu dan kotoran dari printer.

Hindari Penggunaan Kertas Lecek, Lama atau Bekas
Kertas cacat ataupun lecek bisa menyebabkan paper jam. Setiap kali terjadi paper jam, ada kemungkinan bagian bisa rusak, terutam roll printer. Untuk mencegah terjadinya paper jam ataupun kerusakan lainnya, selakukan selalu kertas yang baru dan masih bagus.

Gunakan Kertas Kualitas Tinggi
Untuk menghemat pengeluaran, banyak kantor atau suatu lembaga yang membeli kertas dengan kualitas menengah ke bawah. Alasan klasiknya adalah untuk penghematan. Namun kertas dengan kualitas rendah bisa menyebabkan terjadinya paper jam. Meskipun kertas 70 gsm sdh cukup, tetapi utntuk menghasilkan pencetakan yang bagus, gunakanlah paling sedikit kertas 90 gsm.

Untuk mengetahui jenis kertas yang harus digunakan, biasanya sebagian besar pabrikan printer memberitahu standar minimum kertas yang digunakan pada produk printer mereka. Jika kertas yang anda gunakan tidak memenuhi standar yang telah ditetapkan, vebdor tidak akan memberikan garansi sampai anda menggunakan jenis kertas yang sesuai. Untuk mengetahui standar kertas yang digunakan, lihat buku panduan yang disediakan di dalam dosbox printer anda atau kunjungi website mereka.

Jangan Kibas-kibas Kertas Saat Hendak Dimasukkan
Ada anggapan umum bahwa mengibas-ngibaskan kertas sebelum dimasukkan ke paper tray akan mengurangi terjadinya paper jam. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar, dan sebaiknya anda tidak melakukan itu karena hal itu bisa menghasilkan arus statik diantara lembaran kertas yang malah akan menyebabkan terjadinya paper jam. Kecuali jika printer anda berada di tempat dengan tingkat kelembaban tinggi. Jika tidak, Anda bisa langsung memasukkan kertas ke paper tray tanpa perlu khawatir kertas akan menempel. Printer era sekarang, mampu memisahkan dengan baik kertas di paper tray.

Simpan Kertas di Tempat dengan Kelembaban Rendah

Tempat dengan kelembaban tinggi bisa membuat kertas lengket, sehingga menyebabkan paper jam dan paper feed error. Ini terutama biasa terjadi pada printer keluaran lama yang mekanisme paper feednya tidak bisa memisahkan kertas di paper tray secara maksimal. Supaya kertas tidak lengket sehingga menyebabkan kertas masuk secara bersamaan di paper tray, tarus kertas anda di tempat yang tingkat kelembabannya rendah.

Ganti Roller Tua dan Rusak

Roller yang sudah tua dan rusak merupakan penyebab lain terjadinya paper jam. Pada waktu roller mencapai akhir masa pakainya, permukaan mereka akan terlihat mengkilat atau licin sehinnga kertas bisa slip. Ini bisa menyebabkan kertas tidak bisa diambil dari paper tray atau menyebabkan kertas dimasukkan secara salah

Hati-hati pada Waktu Menggantikan Spare Part
Karena printer terbuat dari material yang mudah patah seperti plastik, maka Anda harus hati-hati pada waktu memasang atau memperbaikinya. Jika Anda mengalami kesulitan, anda harus bersabar dan hati-hati. Lihat bagaimana masing-masing bagian terhubung. Bisa saja anda memasang dari arah yang salah atau bagiannya tidak terhubung seperti yang anda pikirkan

Beli Manual Perbaikan

Jika anda ingin tahu lebih banyak cara memperbaiki model printer tertentu, atau bagai seorang teknisi printer, perlu membeli manual perbaikan dari pabrikan. Manual ini berisi banyak hal seperti tips troubleshooting, diagram pemasangan dan informasi perbaikan lainnya. Pada waktu memperbaiki printer, manual ini akan mempermudah pekerjaan anda. (gambar: acepagiansyah.web.id)

2 komentar:

  1. ini tips untuk memperpanjang umur dari printer,,
    thanks dah sharing gan..
    artikelnya bermanfaat..

    BalasHapus
  2. waah ini artikelnya yg sangat bermanfat

    BalasHapus

    Followers

    Blog Partners