Minggu, 29 Januari 2012

Kerusakan yang Biasa Terjadi pada Printer dan Cara Memperbaikinya

Printer adalah salah satu perangkat terpenting untuk membantu pekerjaan kita. Namun ketika pekerjaan cukup banyak yang harus diselesaikan, tiba-tiba printer kita bermasalah. Bila mengalami kejadian ini, tentu akan sangat menyebalkan, bukan? Untuk melanjutkan ulasan saya tentang printer, dalam postingan kali ini, saya akan memaparkan jenis-jenis kerusakan printer yang biasa terjadi dan bagaimana cara memperbaikinya:

Paper Jam
Paper jam merupakan salah satu masalah yang paling sering terjadi di setiap printer. Hal ini biasanya disebabkan karena printer kotor, jenis kertas yang digunakan salah, atau roller yang menggerakkan kertas rusak. Oleh karena itu bersihkanlah printer anda secara rutin, gunakan kertas yang benar dan perbaiki roller yang rusak atau sudah tua. Namun dalam beberapa kasus, mengganti roller merupakan pekerjaan yang cukup sulit, tergantung pada model printer anda. Pada beberapa model, roller mudah di lepas akan tetapi pada model yang lain anda harus membongkar semua untuk mengganti roller.

Apapun penyebabnya, pada waktu terjadi paper jam, tarik kertas searah dengan jalur keluar kertas karena jika ditarik kebelakang, maka akan merusak printer. Bisanya printer dengan posisi memasukkan kertas vertikal sering mengalami paper jam.

Cetakan pada Kertas Kabur
Cetakan kabur biasanya terjadi karena salah satu kondisi berikut: toner/tinta printer sudah mulai habis, ketebalan cetak terlalu rendah, economode printing di aktifkan. Untuk kedua kondisi terakhir, Anda bisa melihatnya dari printer self-test (biasanya ada tombol terpisah pada printer)

Jika economode diaktifkan dan hasil cetakan kabur maka nonaktifkan economode dan setting ketebalan lebih tinggi. Jika tinta mulai habis, goyang-goyangkan cartidge agar tinta lebih merata. Cara ini bisa dilakukan sementara sampai Anda mengganti cartridge.

Berbayang
Berbayang merupakan kondisi dimana gambar tercetak dengan baik, namun ada gambar sama yang lebih terang yang juga tercetak. Ini bisa terjadi karena outlet listrik yang mensuplai listrik ke printer. Cek outlet listrik yang terhubung ke printer anda. Atau tes ke printer lain, apakah maslaah yang sama muncul.

Berbayang juga bisa disebabkan karena penggunaan spare part yang hampir habis masa pakainya. Misalnya drum atau imaging kit. Semua spare part berkala memiliki masa pakai untuk jumlah kertas yang sudah ditentukan. Begitu printer sudah mencapai angka yang ditentukan, Anda harus mengganti spare part tersebut untuk menghilangkan bayangan.

Toner Luntur
Jika hasil cetak luntur pada waktu disentuh oleh tangan, ada beberapa kemungkinan penyebanya. Pertama, fuser rusak atau hampir habis masa pakainya. Solusinya adalah dengan menggantinya. Memperbaiki fuser tidak dianjurkan karena fuser termasuk spare part berkala yang tidak perlu diperbaiki.

Kedua, toner cartridge mungkin rusak sehingga terlalu banyak toner yang keluar. Karena itu ganti cartridge anda dengan yang baru. Ketiga, ada toner yang tumpah di printer. Jika iya, anda harus mebersihkannya.

Kehilangan Driver untuk OS tertentu
Begitu OS baru dirilis, driver baru untuk printer eksisting juga akan dirilis. Namun tidak semua printer mempunyai driver untuk setiap OS. Pada kasus ini, yang terbaik adalah mengacu ke manual printer dan cari driver apa yang bisa menyimulasikan printer eksisting.

Mencetak dari Paper Tray yang Salah
Lihat dua tempat untuk memperbaiki error ini. Pertama, liat pada PC yang mencetak. Kedua, lihat printer. Jika aplikasi di set ke paper tray yang salah, anda bisa memperbaikinya dari dalam aplikasi dengan mengklik printer properties dan cari opsi pemilihan tray. Pada printer, pastikan ukuran kertas di paper tray sudah cocok dengan yang di control panel.

Menarik Semua Kertas dari Paper Tray
Jika printer menarik semua kertas dari tray, maka kemungkinan besar pad yang bertanggung jawab untuk memisahkan kertas sudah rusak dan perlu diganti. Selain itu bisa juga disebakan oleh kertas basah akibat kelembaban. Pastikan kertas tersimpan dengan baik agar tidak lembab.

3 komentar:

  1. kebetulan nih sob, printer ane sering ngadat, thanks infonya :D

    BalasHapus
  2. ok deh saya pakai caranya agan semoga bermanfaat..
    thanks udah sharing..

    BalasHapus
  3. harga notebook10 Mei 2012 09.59

    thanks gan ianfo nya?

    BalasHapus

    Followers

    Blog Partners