Minggu, 10 Juni 2012

Beberapa Kemungkinan Penyebab Terjadinya Crash pada Komputer

Dalam beberapa kasus, komputer kadang mengalami crash atau hang. Biasanya didahului oleh adanya "blue screen" pada layar atau komputer mati secara tiba-tiba. Jika ini terjadi pada komputer Anda, tentu sangat menjengkelkan, bukan? Apalagi pekerjaan yang harus diselesaikan masih menumpuk.

Dalam postingan kali ini, Si Kompie akan mengajak Anda untuk menemukan beberapa kemungkinan penyebab terjadinya Crash dan cara mengatasinya agar performa komputer Anda kembali membaik. Simak baik-baik ya sob...!

Kemungkinan ke 1. File System Registry yang Korup

Setiap PC berbasis Windows memiliki sesuatu yang disebut Windows Registry. Registri berisi beberapa file yang merupakan bagian integral kinerja dan pengoperasian komputer Anda. Seiring waktu, beberapa file-file dapat menjadi rusak, salah tempat atau hilang sama sekali. Ketika itu terjadi, sistem registry menjadi terganggu - dan crash adalah gejala yang sering terjadi

Solusi: Cara terbaik untuk menyingkirkan kemungkinan ini adalah dengan menjalankan program Windows Registry Cleaner. Program-program tersebut memindai masalah pada registry Windows dan secara otomatis memperbaikinya. Jika Anda sudah menjalankan registry cleaner dan crash masih tetap terjadi, maka mungkin disebabkan oleh isu yang berbeda

Kemungkinan ke 2. File-file yang Tidak Teratur

Sistem operasi Windows menangani organisasi file dengan cara yang sangat tidak intuitif. Pada dasarnya, mereka memecah file dan menempatkan mereka ke dalam ruang-ruang pada memori komputer. Seiring dengan berjalannya waktu, file-file tersebut menjadi tidak teratur dan file-file yang tidak teratur ini dapat mendorong terjadinya crash.

Solusi: Jalankan Defragment Disk yang bisa Anda temukan pada utilities Windows. Meskipun lokasinya di komputer bervariasi, biasanya Anda dapat menemukannya dalam Sistem dan bagian Keamanan di dalam Control Panel. Dengan menjalankan defrag sekali setiap beberapa bulan, Anda mungkin dapat meminimalisir terjadinya crash pada komputer.

Kemungkinan ke 3. Adanya Perangkat Lunak yang Berbahaya (Malicious Software)

Perangkat lunak berbahaya (malicious software) dapat berwujud dalam berbagai bentuk. Kadang-kadang, ini adalah virus yang sengaja dilepaskan setelah anda membuka email aneh. Dalam bentuk lain, adware yang di tag bersama dengan informasi lain yang secara otomatis download dari situs web. Apapun jenis itu, bahwa perangkat lunak berbahaya dapat mendatangkan malapetaka pada kinerja komputer.

Solusi: Download program utilities yang dapat memindai dan meremove adanya software berbahaya yang menyerang komputer Anda. Pakailah Software yang berbayar karena software gratisan seringkali disusupi oleh perangkat lunak yang berbahaya

Kemungkinan ke 4. Memori yang Tersedia pada Komputer Anda Terlalu Sedikit

Ketika kita membeli komputer baru, memori yang tersedia pada komputer sudah kita anggap mencukupi. Namun seiring waktu, dengan seringnya membuka program-program pada komputer, ruang-ruang pada memori komputer menjadi berkurang karena disebabkan oleh banyaknya file-file yang tidak berguna memenuhi ruang memori komputer Anda

Solusi: Gunakan PC Cleaner untuk membersihkan file-file yang sudah tidak berguna agar ruang pada memori komputer bisa digunakan kembali.

Kemungkinan ke 5. Suhu Komputer Anda terlalu Panas (Overheating)

Jika semua kemungkinan di atas sudah Anda atasi tetapi masih saja terjadi crash, maka kemungkinan ke 5 adalah berasal dari hardware komputer Anda. Karena lamanya pemakaian, sementara alat-alat pendingin komputer Anda kurang, bisa menyebabkan terjadinya panas berlebih (overheating) pada komputer Anda. Overheating bisa menyebabkan komputer Anda melambat atau bahkan crash.

Solusi: Tambah pendingin dengan menambahkan jumlah kipas pada komputer Anda.

Itulah beberapa kemungkinan penyeba terjadinya crash pada komputer dan solusi untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat...
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

    Followers

    Blog Partners