Kamis, 26 Januari 2012

Sekilas tentang Web 2.0

Mungkin agak terlambat jika saya membahas tentang Web 2.0 sebab gegap-gempita perkembangan Web 2.0 sudah lama terlewati. Namun tidak ada salahnya jika saya kembali mengulas tentang Web 2.0 untuk menyegarkan kembali ingatan kita dan menambah pengetahuan kita tentang teknologi internet

Menurut artikel yang saya baca di Wikipedia, Web 2.0, adalah sebuah istilah yang dicetuskan pertama kali oleh O'Reilly Media pada tahun 2003, dan dipopulerkan pada konferensi web 2.0 pertama di tahun 2004,[1] merujuk pada generasi yang dirasakan sebagai generasi kedua layanan berbasis web—seperti situs jaringan sosial, wiki, perangkat komunikasi, dan folksonomi—yang menekankan pada kolaborasi online dan berbagi antar pengguna. O'Reilly Media, dengan kolaborasinya bersama MediaLive International, menggunakan istilah ini sebagai judul untuk sejumlah seri konferensi, dan sejak 2004 beberapa pengembang dan pemasar telah mengadopsi ungkapan ini.

Sedangkan definisi Web 2.0 seperti yang saya kutip di Wikipedia adalah sebuah revolusi bisnis di dalam industri komputer yang terjadi akibat pergerakan ke internet sebagai platform, dan suatu usaha untuk mengerti aturan-aturan agar sukses di platform tersebut.

Tentang Web 2.0, bloggingly mengatakan bahwa Web 2.0 adalah come back dari bisnis web semenjak tragedi dotcom bubble burst di tahun 2000. Sementara secara teknis, web 2.0 adalah satu pengklasifikasian “wajah baru dari web” dimana karakteristik pertukaran data many-to-many terjadi.

Jadi, kesimpulan sederhana dari Web 2.0 adalah klasifikasi dari web (yang kemudian berevolusi menjadi lebih dari sekedar klasifikasi: sebuah era) yang membuat ‘semua orang’ yang terhubung ke web mampu menyediakan dan mendistribusikan konten (teks, grafis, dll) di web. Website yang membuat orang dapat berbagi konten di web dengan mudahnya (tidak perlu pengetahuan pemrograman web pun bisa berbagi data di web) adalah web 2.0: Blog, Photo Sharing (flickr), Video Sharing (YouTube), Presentation Sharing (Slideshare.net), Social Networking (facebook, myspace, friendster, linkedIn, etc) dll.(bloggingly.com)

Prinsip-prinsip Web 2.0

  • Web sebagai platform
  • Data sebagai pengendali utama
  • Efek jaringan diciptakan oleh arsitektur partisipasi
  • Inovasi dalam perakitan sistem serta situs disusun dengan menyatukan fitur dari pengembang yang terdistribusi dan independen (semacam model pengembangan "open source")
  • Model bisnis yang ringan, yang dikembangkan dengan gabungan isi dan layanan
  • Akhir dari sikllus peluncuran (release cycle) perangkat lunak (perpetual beta)
  • Mudah untuk digunakan dan diadopsi oleh user
Sumber: Wikipedia.org

Itulah sekilas tentang Web 2.0 yang saya dapatkan dari Googling. Semoga apa yang saya tuliskan menambah wawasan Anda tentang teknologi internet. Dan apabila tambahan dan kritik dari sahabat-sahabat sekalian, bisa didiskusikan kembali di kolom komentar. Salam sukses untuk kita semua

Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Web_2.0
http://bloggingly.com/konsep-web-20-apa-itu-web-20/

Sumber gambar:
mohraisamin.blog.friendster.com
Categories:

7 komentar:

  1. Blog adalah salah satu produk di era web 2.0, ya saya setuju.

    BalasHapus
  2. wah, kalau pakarnya "kang kombor" sudah setuju, ya saya juga setuju dong sob, mau gimana lagi, hehe ^_^

    BalasHapus
  3. Kang Kombor, VENOMIA, Stupid monkey@ Berarti aklamasi neh....setuju!!!

    Alprablog@ Alhamdulillah klo bisa dimengerti. semoga bermanfaat...

    BalasHapus
  4. owh begitu yah,ini adalah suatu informasi yang sangat berharga..

    BalasHapus
  5. harga notebook10 Mei 2012 10.44

    waah bgtu ea tentang web?

    BalasHapus

    Followers

    Blog Partners