Minggu, 08 Januari 2012

Basic Input Output System

Ok sahabat...pada session kali ini kita akan sama-sama membahas tentang BIOS yang kepanjangannya adalah Basic Input Output System. Anda pernah mendengar tentang BIOS bukan? Jika kita biasanya mensetting perangkat keras komputer pertama kali biasanya kita disuruh membuka BIOS dengan menekan tombol DELET atau F2 atau...(lain PC kadang beda tombol untuk membuka BIOS nya). Di dalam BIOS inilah kita akan mengatur perangkat keras komputer kita, melakukan inisialisai,mengatur beberapa konfigurasi dasar komputer dan untuk lebih lengkapnya kita akan bahas di bawah ini

Menurut bang Wiki (wikipedia.com)BIOS, singkatan dari Basic Input Output System, dalam sistem komputer IBM PC atau kompatibelnya (komputer yang berbasis keluarga prosesor Intel x86) merujuk kepada kumpulan rutin perangkat lunak yang mampu melakukan hal-hal berikut:

  1. Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan Power On Self Test, POST)
  2. Memuat dan menjalankan sistem operasi
  3. Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabilan komputer)
  4. Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.



Tampilan Halaman BIOS

BIOS menyediakan antarmuka komunikasi tingkat rendah, dan dapat mengendalikan banyak jenis perangkat keras (seperti keyboard). Karena kedekatannya dengan perangkat keras, BIOS umumnya dibuat dengan menggunakan bahasa rakitan (assembly) yang digunakan oleh mesin yang bersangkutan.

Istilah BIOS pertama kali muncul dalam sistem operasi CP/M, yang merupakan bagian dari CP/M yang dimuat pada saat proses booting dimulai yang berhadapan secara langsung dengan perangkat keras (beberapa mesin yang menjalankan CP/M memiliki boot loader sederhana dalam ROM). Kebanyakan versi DOS memiliki sebuah berkas yang disebut "IBMBIO.COM" (IBM PC-DOS) atau "IO.SYS" (MS-DOS) yang berfungsi sama seperti halnya CP/M disk BIOS.

Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/BIOS
Categories:

2 komentar:

  1. owh begitu yah..
    thanks gan..
    artikelnya bermanfaat sekali..

    BalasHapus
  2. harga notebook11 Mei 2012 14.16

    thanks gan tips nya ?

    BalasHapus

    Followers

    Blog Partners